Senin, 19 Januari 2009

CONTOH RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia

Kelas/ Semester : X / Ganjil

Pertemuan Ke : 1

Alokasi : 1 X Pertemuan ( 2 x 45 Menit)

Standar Kompetensi :

Memahami siaran atau cerita yang disamapaikan secara langsung/tidal langsung

Kompentensi Dasar :

Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan non berita)

Indikator :

  1. Menuliskan isi siaran radio / televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami .
  2. Menyampaikan Secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
  3. Mengajukan pertanyaan / tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).

I. Tujuan Pembelajaran :

  1. Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung (rekamana tau teks yang dibacakan)
  2. Menentukan perbedaan butir-butir yang merupakan factor dan pendapat
  3. Mengajukan pertanyaan tanggapan berdasarakan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, dan menambahkan pendapat).
  4. Menyamapaikan informasi dengan bahasa sendiri secara jelas dan mudah dipahami.

II. Materi Ajar : Teks bacaan dari surat kabar

III. Metode Pengajaran : Diskusi, Tanya jawab

IV. Langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan awal : Guru menggali pengetahuan siswa tentang pemahaman terhadapa perbedaan factor (benar-benar) dan opini (pendapat)

B. Kegiatan inti : Meminta seorang siswa untuk membacakan kaliamt-kalimat yang bersifat fakta dan bersifat opini, siswa lain menaggapinya (menyetujui, menolak/menambahkan pendapat0

C. Kegiatan akhir : Menyuruh siswa untuk menuliskan informasi penting yang terdapat dalam teks dengan kaliamat yang efektif.

V. Sumber Belajar :

Teks bacaan dari surat kabar

Buku bahan ajar bahasa Indonesia

VI. Penilaian :

Jenis tagihan : Tugas individu

Bentuk instrument : Format pengamatan, uraian bebas, jawaban singkat

Instrumen:

  1. Catatan isi atau pesan penting dari teks bacaan di atas!
  2. Samapaikan secara lisan isi berita yang telah dituliskan secara runtut dan jelas.
  3. Tuliskan isi atau pesan penting dari teks bacaan kedalam kaliamat atau bahasa yang efektif dan secara benar

Mengetahui, Jakarta, ......................

Kepala ........................ Guru Bidang Studi

.................................... ............................

NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar choy..??